DOA TIDUR DAN BANGUN TIDUR

Doa Sebelum Tidur dan Sesudah
Tidur Dengan berdoa sebelum tidur
dan sesudah tidur berarti kita selalu mengingat Allah selaku
Rabb kita. Adapun do’a yang
berkaitan dengan tidur sebagai
berikut : Do’a Sebelum Tidur: “Bismikallahhumma
ahyaa wa bismika amuut.” Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku
mati. (HR. Bukhari dan Muslim) Do’a Sesudah Bangun Tidur: “Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin nusyuur.” Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami. Kepada-Nya-lah kami akan kembali (HR. Bukhari) Di dalam tidur terkadang kita
terbangun saat tengah malam
entah karena mimpi buruk atau
karena kondisi tubuh yang
kurang sehat atau karena hanya
ke kamar mandi saja. Ketika kita bangun seharusnya tetap ingat
pada Allah diiringi dengan
memanjaatkan do’a entah
karena mimpi ataupun terkejut.
Kalau memungkinkan lebih baik
anda shalat malam walaupun satu rakaat yaitu mengerjakan
shalat witir. Do’a Terkejut Bangun Dari Tidur: “A’uudzu
bikalimaatillahit
tammaati min ghadhabihi wa min syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisy syayaathiini wa an yahdhuruuni.”
Artinya : Aku berlindung dengan kalimah Allah yang sempurna dari kemarahan Allah dari kejahatan hamba- hamba-Nya dan dari gangguan setan dan dari kehadiran mereka (HR. Abu Daud dan Tir-middzi) Do’a Mimpi Baik: “Alhamudlillaahirrabbil
‘alamiina.”
Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam (HR. Bukhari) Do’a Mimpi Tidak Baik: “Allaahumma innii a;uudzu bika min ‘amalisy syaythaani, wa sayyi’aatil ahlaami.”
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada- Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk (HR. Ibn as- Sani) .Do’a Sesudah Duduk Bangun Tidur: “Laa ilaaha illaa anta subhaanaka allahuma zidnii ‘ilman wa laa tuzigh qalbii ba’da idz hadaitanii wa hablii min ladunka rahmatan innaka antal wahhaabu.” Artinya : Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, maha suci Engkau ya Allah, aku minta ampun kepada-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat- Mu tentang dosa- dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahlah ilmuku dan janganlah Engkau gelincirkan hatiku setelah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan karuniakanlah rahmat untuk-ku daripada-Mu,
sesungguhnya
Engkaulah yang maha
Memberi. (HR. Abu Daud)

Tinggalkan komentar